UJI PRATIKALITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LK PD) KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS (HOTS) KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ira Rahmayuni Jusar Universitas Bung Hatta
  • Marlen Tivany Universitas Bung Hatta

DOI:

https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.100

Keywords:

Keywords: lkpd, learning mathematics, higher order thinking skills

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya ketersediaan LKPD pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Higher Order Thingking Skills untuk siswa kelas IV SD Negeri 02 Kurai Kecamatan Suliki Kabupaten Lima Puluh Kota yang memenuhi kriteria valid dan praktis.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D).Model  pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada materi bangun datar.Pada proses validasi, LKPD  divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain yang  mendapatkan nilai persentase 87,5% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 8 siswa kelas IV SD Negeri 02 Kurai.Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai persentase 95,06% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi bangun datar berbasis  Higher Order Thingking Skillsuntuk kelas IV sudah memenuhi kriteria valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran  matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar.Dengan LKPD yang telah memenuhi kritera valid dan sangat praktisini agar bisa dimanfaatkan sebagai alternative bahan belajar yang dapat digunakan sebagai sumber belajar tambahan.

                                                                                                                       

Kata Kunci: lkpd, pembelajaran matematika, higher order thingking skills.

References

Ango, Benedikta. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Berdasarkan Standar Isi Untuk Kelas X Semester Gasal. Tesis tidak diterbitkan. Sarjana Pendidikan Teknik. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniawati, Nindi. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbantuan Geogebra Pada Materi Turunan.Tesis tidak diterbitkan. Sarjana Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Lubis, J.W.,Maslinadewi. (2020). Pengembangan LKPD Kecepatan dan Debit Berbasis Lectora Inspire Terhadap Berfikir Kritis di Sekolah Dasar.Jurnal Pendidikan Tambusai.4 (3),2979
Putra, A., Hendra, S.,Zulfah. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Tingkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis.Jurnal Riset Matematika.1 (2).59.
Saputri, Lola Ineli.2015. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Dalam Pembelajaran Biologi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 3 Ranah Pesisir. Ejurnal bunghatta.ac.id.Vol.4,No 5.
Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2021-12-31

Issue

Section

Articles Jurnal Cerdas Proklamator