PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 15 ULAK KARANG PADANG
Keywords:
Learning models, CTL, learning outcomes, science subjectsAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan perbandingan hasil belajar biologi siswa yang diajarkan mengunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dengan menggunakan metode konvensional di SDN 15 Ulak Karang Padang dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian randomized control group posttest only design. Penelitian ini menggunakan populasi dari seluruh siswa SDN 15 Ulak Karang Padang yang terdiri dari empat kelas. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sedangkan untuk menentukan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik random. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini untuk memperoleh data berupa lembaran tes dan lembaran pengamatan aspek afektif dan psikomotor. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata atau uji-t dimana Nilai t yang diperoleh yaitu thitung= 4,04 dan ttabel= 2,00 pada taraf kepercayaan ?=0,05. Hasil belajar nilai rata-rata aspek kognitif kelas eksperimen adalah 82,60 dan kelas kontrol adalah 70,79. Untuk aspek afektif nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 89,27 dan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 73,53 dan aspek psikomotor dengan rata-rata nilai eksperimen 78,24 dan pada kelas kontrol 68,46. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) lebih baik daripada hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rieneka Cipta.
ASTUTI, F. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa pada materi aritmatika sosial kelas vii smp negeri 2 ngantru.
ANTIKA, D. (2012). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) dalam upaya meningkatkan minat dan hasil belajar biologi siswa kelas x-6 sma negeri 7 malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).
. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Dimyati dan Mujiono.2009.Belajar dan Pe mbelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Harun, S. (2021). penerapan model pembelajaran contex tual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan hasil belajar biologi pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbu han siswa kelas xi ipa 2 man1 banda aceh. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 2(2), 197-204.
Haya, A. F., Sinaga, C., Zebua, D. P. A., Sinaga, E. M., Ayu, I., Ariati, J. T., ... & Syahbana, T. A. upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan contextual teaching and learning (ctl) pada materi getaran, gelombang, dan bunyi kelas viii smp negeri 6 percut sei tuan tahun ajaran 2021/2022.
Jumiati, A. (2020). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi. : Journal of Applied, Social, and Education Studies, 1(2).
Kartikawati, Y. A. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Dan Motivasi Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Materi Pokok Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Baki Tahun Ajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakrta).
Karim, A. (2017). Analisis Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching And Learning) Di SMPN 2 Teluk Jambe Timur, Karawang. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2).
Lufri. 2010. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP Press.
Mulyadi, M., & Julianto, T. (2018). MATERI BIOLOGI MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN CTL (Contextual Teaching and Learning) PADA SISWA DI KELAS VIII-F SMP NEGERI 9 PURWOKERTO. Khazanah Pendidikan, 11(2).
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Rukajat, A. (2019). Pembelajaran contextual teaching and learning untuk meningkatkan mutu hasil pembelajaran. Pionir: Jurnal Pendidikan, 8(1).
Sari, Nina. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Dengan Media Gambar Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X1 SMA Negeri 12 Padang. Skripsi. PMIPA: UBH.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Theresia, J. (2014). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Biologi Dengan Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan.
Utami, R. P., & Saputri, F. N. A. D. (2014, December). Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VIII a Di SMP Ali Maksum YOGYAKARTA. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (Vol. 1).
Wiyono, B. H., & Budhi, W. (2018). Pengaruh metode pembelajaran CTL terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII ditinjau dari kemampuan berkomunikasi. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 11-18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Cerdas Proklamator
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.