PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI IKLAN UNTUK SISWA KELAS V SDN 20 TALAWI KECAMATAN KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.37301/jcp.v9i1.77Keywords:
Pengembangan Modul, Saintifik, Pengembangan Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya fasilitas belajar seperti tidak adanya LKS dan Modul, bahan ajar yang digunakan hanya berupa buku paket sehingga siswa sering merasa bosan, dan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran masih konvensional. Tujuan penelitian mengembangkan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik pada materi iklan untuk siswa kelas V SDN 20 Talawi Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan yaitu agar siswa termotivasi untuk lebih semangat dalam membaca, bertanya dan berdiskusi. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) yang dikemukakan oleh Trianto dengan model prosedural 4D, yang terdiri dari tahap define (pendefinisian), tahap design (perancangan), dan development (pengembangan), karena keterbatasan waktu dan kemampuan maka: 1) penelitian hanya sampai pada fase development (3D), 2) Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, 3) uji praktikalitas dilakukan oleh guru dan siswa kelas V SD, dan 4) uji efektivitas dilakukan oleh siswa kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai rata-rata (91,55) dilihat dari aspek kelayakan isi (92,5), aspek penyajian dan tampilan (86,15), dan aspek bahasa (96). Hasil penelitian pada uji efektivitas dikategorikan efektif (100%) karena hasil tes siswa lebih dari KKM yaitu 75%. Modul yang dihasilkan dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan rata-rata persentase (98,33%). Serta dikategorikan sangat praktis oleh siswa dengan rata-rata (97,39%). Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis saintifik untuk siswa kelas V SDN 20 Talawi dinyatakan sangat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia bagi siswa kelas V.
References
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan
2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta. Gava Media.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.
Silaswati, D. Bulan, D. R., & Hermawan, D. (2019). Model Pembelajaran Apresiasi Kajian Sastra Terpadu Untuk Penguasaan Empat Aspek Keterampilan Berbahasa. Metamorfosis| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 12(2), 26-39
Subekti, Ari. 2017. Benda-Benda di Sekitar Kita. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Susanti, R. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Pai Berbasis Kurikulum 2013 di Kelas V SD Negeri 21 Batubasa, Tanah Datar. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 2(2), 156-172
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri.
Trianto. 2009. Mendesain Dengan Pendekatan Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.