VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA E-KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.82Keywords:
media e-komik, pembelajaran matematika, materi pengukuranAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemanfaatan teknologi dalam pengunaan media pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV SD Negeri 15 Pancung Soal Pesisir Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Media E- Komik Pembelajaran Matematika pada Materi Pengukuran untuk Siswa Kelas IV SD yang valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model penelitian yakni tipe PPE (Planning, Production, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrument penelitian meliputi lembar validasi. Validasi dilakukan oleh dua orang validator yakni pada aspek materi dan media. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa validitas media e-komik pembelajaran matematika pada materi pengukuran untuk Siswa Kelas IV SD negeri 15 Pancung Soal Pesisir Selatan yakni 90%. Dengan arti kata, bahwa media e-komik berada pada kriteria sangat valid.
References
Sudjana, Rivai. 2013. Media Pengejaran. Cetakan ke 11. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Susanto. 2013. Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group Syafri. 2016. Pembelajaran Matematika. Yogjakarta : Ruko Jambusari
Susilana dan Riyana. 2009. E-Book Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima. Diakses pada tanggal 14 November 2019.
Sudjana, Rivai. 2010. Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Sukmanasa, dkk. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasae di Kota Bogor. Artikel Pendidik. Vol. 3 No. 2. Hlm 171-180
Utaryyanti. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik dalam Materi Sistem Pernafasan pada Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah 1 Malang. Jurnal Pendidikan.
Undang-undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Jurnal Cerdas Proklamator
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.