MENCIPTAKAN LINGKUNGAN BELAJAR YANG KONDUSIF BAGI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i2.152Kata Kunci:
Lingkungan belajar, Lingkungan belajar yang kondusifAbstrak
Tulisan ini bermaksud mengulas pentingnya menciptakan lingkungan belajar yang kondusif bagi peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Tujuan dari tulisan ini adalah supaya dapat memberikan wawasanakepada para pihak yang berkiprah di dunia pendidikan untuk semakin memahami hal-hal berikut: persoalan konsep lingkungan belajar dan konsep lingkungan belajar yang kondusif. kerjasama dan kesesuaian antara keadaan fisik dan sosial lingkungan belajar dan peserta belajar, dalam hal ini peserta didik dan guru, diperlukan untuk membangun lingkungan belajar yang kondusif. Untuk mengembangkan lingkungan belajar yang sukses di dalam kelas, kedua lingkungan belajar tersebut harus dimaksimalkan. Metode yang dipakai untuk tulisan ini bersifat deskriptif kualitatif dan studi literatur. Hasilnya adalah tujuh rekomendasi yang bisa dilakukan sekolah, guru dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif.
Referensi
Alwi, N. A., & Agasi, D. (2022). ANALYSIS OF THE UTILIZATION OF YOUTUBE MEDIA IN ONLINE LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMIC IN CLASS III STUDENTS OF ELEMENTARY SCHOOL ANALISIS PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE DALAM PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19. 10(1), 35–41.
Aulia, W., & Miboy, A. (2021). Our Three Solutions in Learning During Pandemic At Sdn 01 Benteng Pasar Bukittinggi City Tiga Solusi Dalam Pembelajaran Pada Masa Pandemi Di. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(1), 28–37.
Darmadi, H. (2015). MENJADI GURU PROFESIONAL diperbincangkan , karena guru merupakan sumber kunci keberhasilan pendidikan . didik yang menyangkut berbagai aspek yang bersifat manusiawi yang unik dalam. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Ety Nur Inah. (2015). PERAN KOMUNIKASI DALAM INTERAKSI GURU DAN PESERTA DIDIK Ety Nur Inah. Al-Ta’dib, 8(2), 150–167.
Firdaus, R. (2016). Pengaruh penataan ruang kelas terhadap hasil belajar peserta didik kelas v (study eksperimen di sdn 4 kuripan utara) tahun 2016.
Hatta, U. B. (n.d.). Create an Effective School Environment. 7(2), 168–178.
Jumrawarsi, & Suhaili, N. (2020). 50 Lembaga Penelitian dan Penerbitan Hasil Penelitian Ensiklopedia PISSN 2657-0297. Ensiklopedia Education Review, 2(3), 50–54.
Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia?: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276
Sari, S. G., & Mudjiran, M. (2020). Pentingnya Pemahaman Perbedaan Individual (Individual Differences) Bagi Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 54–63. https://doi.org/10.37301/jcp.v8i2.59
Septiana, V. W., Pratiwi, S. H., Rozalina, F., Islam, F. A., Muhammadiyah, U., & Barat, S. (2021). Correlation of Interest With Students ’ Learning Outcomes Inipa Learning in Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, 9(2), 45–52.
Setiawan, H., Fauzan, A., & Arnawa, I. M. (2021). The Development of Geometrical Learning Devices Based on Rumah Gadang Ethnomathematics for Grade VII Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012003
Sugiyanto. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta, 3(1), 72–82.
Tamara, R. M. (2016). Peranan Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di Sma Negeri Kabupaten Cianjur. Jurnal Geografi Gea, 16(1), 44. https://doi.org/10.17509/gea.v16i1.3467
Trianah, & Sahertian, P. (2020). Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sosial dan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 14(1), 7–14. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4765
Wahid, A. H., Muali, C., & Mutmainnah, M. (2018). Manajemen Kelas Dalam Menciptakan Suasana Belajar Yang Kondusif; Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Peserta didik. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 179. https://doi.org/10.31958/jaf.v5i2.1106
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.