EVALUASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDN 64/III KERINCI
Kata Kunci:
Keywords: Character Education, Mathematics, Program evaluationAbstrak
Pendidikan bukan hanya proses penyampaian informasi faktual, tetapi juga menanamkan prinsip-prinsip moral dan etika pada peserta didiknya. Tujuan penelitian ini berusaha untuk memastikan dampak dan pengaruh program penguatan pendidikan karakter terintegrasi mata pelajaran matematika di SDN 64/III Kerinci dan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang berperan pada keberhasilan atau kegagalan program. Metode Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 64/III Kerinci. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan pendidikan karakter terintegrasi mata pelajaran matematika di SDN 64/III Kerinci dimulai dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Peran guru dalam pendidikan karakter belum sepenuhnya terwujud dari segi desain, implementasi, dan penilaian. 2) Pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter menambah beban kerja bagi pengajar, terutama dalam hal evaluasi sikap, yang berdampak negatif bagi guru serta berdampak positif bagi siswa dalam hal prestasi dan perilaku peserta didik. 3)Keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya tenaga pendidik yang terlatih, terbatasnya akses informasi, serta sikap dan mentalitas siswa semuanya menjadi penghambat pelaksanaan pendidikan karakter yang terintegrasi dengan mata pelajaran matematika.
Referensi
Alwi Albertus, Doni Koesoema. (2010). “Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global.” Jakarta: PT.Grasindo.
Arikunto, S. (2012). “Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 6.” Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. & Jabar, C.S.A., (2012). “Evaluasi Program Pendidikan.” Jakarta: Bumi Aksara.
Asmani, Jamal. (2011). “Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter Sekolah.” Jogjakarta: Diva Press.
Asroha, Hanun. (2010). “Perencanaan Pembelajaran” (Surabaya: Kopertis IV- Pemprov Jatim).
Darmayanti, S. E. & Udik Budi Wibowo. (2014). “Evaluasi Program Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar Kabupaten Kulon Progo.” Jurnal Prima Edukasia Vol 2 (2) hal: 223-234.
Ekowati, D.W., Setyaningrum, R.W., Husamah. (2012). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter pada Pembelaran Tematik di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jurnal Humanity, Vol 8 No 1, hal: 117-127.
Kemendikbud. (2017). “Modul Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama.” Jakarta: Depdikbud.
Listyarti, Retno. (2012). Pendidikan Karakter dalam Metode Aktif, Inovatif dan Kreatif. Jakarta: Esensi, Divisi Penerbit Erlangga.
Mulyasa, H.E. (2013). “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muslich, Masnur. (2011). “Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.” Jakarta: PT Bumi Aksara.
Nur Aisyah, Emosda, Suratno. (2015). “Implementasi Pendidikan Karakter Di SDIT Nurul Ilmi Kota Jambi.” Jurnal Tekno-Pedagogi, Vol 5 No 1, hal: 50-63
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. (2002). “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Jakarta: Balai Pustaka.
Raka, Gede.,Mulyana, Y., Markam, S.S., Semiawan, C.R., Hasan, S.H., Bastaman, H.D., dan Nurachman, N. (2011). “Pendidikan Karakter di Sekolah dari Gagasan ke Tindakan.” Jakarta: Elek Media Komputindo
Sardjijo dan Hapzi Ali. (2017). “Integrating Character Building into Mathematics and Science Courses in Elementary School.” International Journal Of Environmental & Science Education 2017, Vol. 12, No. 6, 1547-1552.
Sudjana, Nana. (2006). “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.” Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, N.S., (2004). “Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi.” Bandung: Yayasan Kusuma Karya.
Wirawan. (2011). Wirawan. 2011. “Evaluasi Teori Model Standar Aplikasi dan Profesi, Contoh Aplikasi Evaluasi Program : Pengembangan Sumber Daya Manusia Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan, Kurikulum, Perpustakaan, dan Buku Tes.” Jakarta: Raja Grafindo Persada
Zubaedi. (2011). “Pendidikan Karakter: konsep dan aplikasinya Dalam Lembaga Pendidikan.” Jakarta: Kencana.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.