THE EFFECT OF BRAINSTORMING METHODE ON CRITICAL THINKING SKILLS AT LEARNING SCIENCE FOR PRIMARY SCHOOL
Kata Kunci:
Pembelajaran IPA, keterampilan berpikir kritis, metode brainstormingAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan berpikir kritis siswa dalam memahami materi pelajaran yang disampaikan guru masih rendah yang disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang bervariasi. Kemampuan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep materi yang diajarkan masih kurang mampu mengembangkan pengetahuan baru secara aktif sehingga siswa belum bisa mengembangkan keterampilan berpikir kritis dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode brainstorming terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di Kelas IV SDN 11 Tanjung Medan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 11 Tanjung Medan dan rancangan penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes keterampilan berpikir kritis berupa soal objektif sebanyak 25 butir soal, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji-t maka diperoleh data nilai thitung= 3,661 dengan taraf kesukaran 5% dengan kriteria pengujian jika thitung >tTabel maka hipotesis atau H1 diterima dan H0 ditolak. Perolehan nilai uji-t yaitu thitung= 3,661 > ttabel= 2,074.Dari hasil penelitian terbukti bahwa “Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar menggunakan metode brainstorming lebih tinggi dari pada siswa yang belajar tidak menggunakan metode brainstorming pada pembelajaran IPA di SDN 11 Tanjung Medan.
Referensi
Aldeirre, Dzaalika. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Materi Vertebrata pada Siswa SMA. Jurnal Biologi dan Pembelajaran.
Arikunto, Suharsimi. 2019. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Fitriyati, Ida. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dan Penalaran Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Sains. Volume 1 Nomor 1.e-ISSN: 2527-9157.
Maesaroh, Siti. 2013. Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Surakarta: Universitas Nahdatul Ulama. Jurnal Kependidikan, Vol. 1. No.1.
Putri, Yuliani Kartika., Djahir Basir dan Ikbal Berlian. 2016. Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 13 Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya. Junal Profit, No. 2. Vol. 3 November 2016.
Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
------------. 2019. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
------------. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tias, Ika W. Utamining. 2017. Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.Jurnal riset pedagogik.Nasional, U., &oleh Undang-undang, D. (2008). Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara. Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter, Konsepdan Aplikasi Living Values Education.
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter untuk mahasiswa PGSD. UPI Press.
Marfilinda, Riri, Vebi Vebrianti & Alfroki Martha .(2022). Identifikasi Miskonsepsi Materi Panca Indera Manusia Menggunakan Metode Certainty of Response Index (CRI) Kelas IV Sekolah dasar (Studi Kasus di SDN 29 Koto Panjang, Pesisir Selatan). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad.12 (1). 69-74.
Sefrida, Dwintan. Enjoni. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Saintifik Tema 6 Panas dan Perpindahannya untuk Kelas V SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator. 10 (1). 11-17.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.