ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN SUBJEK, PREDIKAT, OBJEK, KETERANGAN (SPOK) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI CERITA DONGENG DI KELAS 4 SD NEGERI BABADSARI

Penulis

  • Ghaniyu Faik Aqshal Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Muflikhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo

Kata Kunci:

Kemampuan, SPOK, Dongeng, Kesulitan, Faktor kesulitan.

Abstrak

Ghaniyu Faik Aqshal “Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Dongeng Di Kelas 4 SD Negeri Babadsari”. Skripsi Pendidikan Guru  Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Muhammadiyah Purworejo 2023.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan faktor kesulitan siswa dalam menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Cerita Dongeng Di Kelas 4 SD Negeri Babadsari

Hasil penelitian adalah Peserta didik memiliki kemampuan menentukan SPOK dengan kategori sangat baik terdapat lima peserta didik, kategori cukup terdapat delapan peserta didik, kategori kurang terdapat empat peserta didik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan SPOK sebagai berikut; 1. Terdapat beberapa peserta didik yang belum mampu membaca dengan baik sehingga mempengaruhi siswa dalam memahami unsur SPOK; 2. Terdapat siswa yang belum memahami pengertian dari masing masing SPOK; 3. Siswa cenderung hanya menguasai satu atau dua unsur kalimat saja.

 Faktor kesulitan peserta didik dibedakan menjadi faktor internal dan eksternal. Faktor internal kesulitan peserta didik adalah; 1.Peserta didik belum lancar membaca; 2. Peserta didik tidak teliti dalam mengerjakan soal. Faktor eksternal peserta didik menentukan SPOK adalah; 1. Lingkungan keluarga yang tidak harmonis; 2. Kesibukan orang tua sehingga kurang pendampingan belajar.

Kata kunci: 

 

 

Referensi

Abdussamad, H. Z., & SIK, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif

CV.Syakir Media Press.

Afriliani, K., Zuliani, R., & Wibisana, N. E. (2021). Analisis Kesalahan Pola Kalimat Bahasa Indonesia pada Karangan Narasi Kelas IV SD Negeri Kunciran 07. Nusantara, 3(3), 427-441.

Alwii, Hasan, dkk. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. UniversitasjendralSoedirman.

Finoza, Lamuddin.2008. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Diksi Insan.

Khaq, M., & Anjarini, T. (2021). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Bangun Datar menggunakan Papan Berpaku untuk Kelas IV. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 151- 158.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Noermanzah, N. (2019). Bahasa sebagai alat komunikasi, citra pikiran, dan kepribadian. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra (pp. 306-319).

Nst, A. R., Siregar, A. R. F., & Syaputra, E. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 139-142.

Parnawi,A.(2019).PsikologibelajarDepublish

Poerwandari, K. (2021). Jenis Penelitian Kualitatif. Journal Penelitian, 1(69),34.

Pulungan, R., & Nst, A. S. (2019, October). Analisis Dongeng Danau Toba Pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII Terbitan Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. In Prosiding Seminar Nasional HasilPenelitian (Vol. 2, No. 2, pp. 1519-1527).

Putrayasa, I. B., & Sudiana, I. N. (2021). Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 8(2),

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2015. Perilaku Organisasi

Safitri, A., Wulandari, D., & Herlambang, Y. T. (2022). Proyek Penguatan ProfilPelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam MeningkatkanKarakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7111-7120.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik SiswaSekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7-17.

SIMAMORA, C. M. B. (2020). Analisis Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Subjek, Predikat, Objek, Keterangan (SPOK) Pada Kalimat Pertanyaan Di Kelas VI SD Negeri 108306 Tanjunggarbus Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Quality).

Sugiarti, R., & Ngaisah, S. (2018). Analisis kesalahan penggunaan preposisi dan pungtuasi dalam karangan narasi siswa. Primary: Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 10(2), 125-134

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sulfemi, W. B. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-30

Terbitan

Bagian

Articles Jurnal Cerdas Proklamator