DEVELOPMENT OF GLOBAL DIVERSITY LKPD TEACHING MATERIALS FOR JAVANESE LANGUAGE IN ELEMENTARY SCHOOLS
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD KEBHINEKAAN GLOBAL PADA MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SD
Kata Kunci:
Kebhinekaan Global, LKPD, Bahasa Jawa SDAbstrak
Rendahnya pemahaman siswa terhadap unggah-ungguh bahasa Jawa terutama krama inggil menjadi salah satu kendala yang dialami siswa dalam melestarikan budayanya sendiri. Indonesia memiliki berbagai suku dan budaya serta bahasa ibu (dialek), perbedaan yang menyatu menjadikan keindahan tersendiri. Penelitian ini bertujuan pengembangan bahan ajar LKPD Berkebhinekaan Global pada mata pelajaran bahasa Jawa untuk mengetahui kefeektifan produk bahan ajar guna meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahasa Jawa krama inggil. Metodologi penelitian yakni pengembangan dengan model ADDIE di kelas V SD Negeri 3 Jebol. Hasil analisis kebutuhan, siswa mengalami kendala dalam memahami bahasa Jawa krama inggil, sehingga desain bahan ajar LKPD berkebhinekaan global dengan mengumpulkan kosakata ke dalam empat bahasa dan menggunakan gambar kebhinekaan global. Hasil penelitian bahan ajar LKPD kebhinekaan global ini, menunjukkan bahwa nilai keseluruhan aspek validasi ahli materi memperoleh nilai 78,3% dan media 77,8% dengan kategori layak. Hasil uji coba bahan ajar LKPD berkebhinekaan global ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata pretest 34,64 dan posttest 54,48 pada 25 siswa. Efektifitas ditunjukkan pada hasil belajar melalui uji paired sample test pada SPSS 25, nilai signifikan (2-tailed) 0,000 < 0,05. Ada perbedaan rata-rata hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan menggunakan bahan ajar LKPD berkebhinekaan global pada mata pelajaran Bahasa Jawa di SD. Biasa simpulkan bahwa pengembangan bahan ajar LKPD berkebhinekaan global menjadikan pembelajaran efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap bahasa Jawa krama inggil.
Referensi
Afandi, M., Yustiana, S., & Kesuma, N. P. (2021). The Development of Pop-Up Book Learning Media in Pancasila Materials Based on Local Wisdom at Elementary School. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 9(1), 57. https://doi.org/10.21043/elementary.v9i1.10001
Anggrayni, M., & Apreasta, L. (2022). Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Berbasis Problem Based Learning Di Kelas V Sd. Jurnal Cerdas Proklamator, 10(1), 69–76. https://doi.org/10.37301/cerdas.v10i1.117
Apriliani, E. I., & Dewi, N. K. (2019). Tata Krama Budaya Jawa Membentuk Sikap Santun Anak Usia Dini. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 1(1), 28. https://doi.org/10.35473/ijec.v1i1.132
Chotimah, C., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Analisis Penerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santun. International Journal of Elementary Education, 3(2), 202. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18529
Fatmawati, Y., & Wiranti, D. A. (2023). Analisis Kesulitan Keterampilan Berbicara Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Siswa Sekolah Dasar. Edukatif?:Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(5), 2053–2063.
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Ghozali, S. (2020). Pengembangan Kareakter Kebhinekaan Global dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. MIYAH: Jurnal Studi Islam, 2507(February), 156–524.
Jusar, I. R., & Tivany, M. (2021). Uji Pratikalitas Lembar Kerja Peserta Didik (Lk Pd) Keliling Dan Luas Daerah Bangun Datar Berbasis Higher Order Thingking Skills (Hots) Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 9(2), 53–57. https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.100
Muhtarom, T., & Sulistyawan, A. H. (2023). Pengaruh kebiasaan berbahasa Jawa terhadap pemahaman konsep unggah-ungguh kelas V di gugus 02 kecamatan Bantul. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 9(2), 98–108. https://doi.org/10.30738/trihayu.v9i2.13222
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168–176. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i2.4342
Olivia, N., Bahar, D., Fitria, Y., & Padang, U. N. (2023). Practicality Test of Powerpoint Learning Media . Interactive Material Build Flat With Scientific Approach Class Iv Elementary School. Jurnal Cerdas Proklamator, 11(1), 70–78.
Rahayu, S., Ladamay, I., Ulfatin, N., Kumala, F. N., & Watora, S. A. (2021). Pengembangan Lkpd Elektronik Pembelajaran Tematik Berbasis High Order Thinking Skill (Hots). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 13(2), 112–118. https://doi.org/10.17509/eh.v13i2.36284
Saminem, M. M. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V SDN Kedunggaleng Melalui Model Pembelajaran Role Playing. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 1(1), 10–20.
Setiawan, A., Ahla, S. S. F., & Husna, H. (2020). Konsep Model Inovasi Kurikulum Kbk, Kbm, Ktsp, K13, Dan Kurikulum Merdeka (Literature Review). Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 7(2), 113–122. http://conference.kuis.edu.my/pasak2017/images/prosiding/nilaisejagat/10-MAAD-AHMAD.pdf
Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Software Liveworksheet pada Materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 132. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176
Wiranti, D. A., Afrianingsih, A., & Mawarti, D. A. (2019). Bahasa Jawa Krama Sebagai Fondasi Utama Perkembangan Moral Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 6(1), 1. https://doi.org/10.21043/thufula.v6i1.4040
Yudha, R. A., & Aulia, S. S. (2023). Penguatan Karakter Kebhinekaan Global Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 596–604. http://journal.upy.ac.id/index.php/pkn/article/view/4853
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Cerdas Proklamator
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.