ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.92Kata Kunci:
keterampilan, berbicara, analisis, siswaAbstrak
Salah satu keterampilan berbahasa yang sangat penting untuk dikuasai adalah keterampilan berbicara . Sebab keterampilan berbicara merupakan elemen penting dalam berkomunikasi, agar siswa dapat menyampaikan pesan dan gagasan dengan baik. tujuan dari penelitian ini adalah [1] Untuk mengetahui keterampilan berbicara siswa kelas 5 SDN 01 TARANTANG [2] Untuk membantu pembuatan bahan ajar keterampilan berbicara berdasarkan hasil analisis keterampilan berbicara siswa kelas 5 SDN 01 TARANTANG. Pendekatan penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis. Dengan teknik pengumpulan data melalui tes lisan dan studi literatur. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti terhadap siswa SD kelas 5 dapat diketahui bahwa skor rata-rata nilai siswa adalah 60 dengan ketentuan 3 siswa yang memiliki nilai tertinggi seperti KPA, SO, WSP dengan mendapatkan nilai keseluruhan 91, kemudian untuk skor terendah yaitu PI, TR, WFR dengan perolehan nilai keseluran adalah 33, penyebabnya yaitu mereka tidak mengikuti ujian sama sekali dan tidak menjawab soal yang diberikan oleh peneliti.
Referensi
Wulan, N S. (2014). PERKEMBANGAN MUTAKHIR PENDIDIKAN BAHASA
INDONESIA: KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 176-184. doi:https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i2.880
Wulan, Neneng Sri & Rosita Rahma. (2020). Augmented Reality-Based Multimedia in
Early Reading Learning: Introduction of ICT to Children. Journal of Physics: Conference Series, Volume 1477, Education, https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042071 .
(t.thn.).
Achmad Wardana, A. P. (5). JOSSAE (Journal of Sport science and education). Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw dan Teams Games Tournament Terhadap Karakter Kepedulian Sosial dan Kejujuran dalam Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, 2020.
Monica Theresia, S. M. (2018). ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS TINGGIPADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIADI SEKOLAH DASAR. Journal ipts, 163-165.
Pranowo, D. J. (2013). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KEPEDULIAN DAN KERJA SAMA. FBS, 227-228.
Putri, D. (2019). KETERAMPILAN BERBAHASA DI SEKOLAH DASAR: Melalui Metode Game’s. pekanbaru: Penerbit Qiara Media.
Saputri, R. W. (2018, July 1). ANALISIS KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS TINGGI. hal. 3-5.
Subyani, D. S. (2017). Keterampilan Berbicara. Aceh: Syiah Kuala University Press.
Darmawati, U. dkk. 2012. Detik-detik ujian nasional tahun pelajaran
2011/2012. Klaten: PT. Intan Pariwara.
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivisme, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Cahyani, N. and Wirnita, E., 2021. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASAINDONESIA BERBASIS SAINTIFIK PADA MATERI IKLANUNTUK SISWAKELAS V SDN 20 TALAWI KECAMATAN KOTOXI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN. Jurnal cerdas proklamator, [online] Vol. 9, No. 1, pp.38-44. Available at: <https://cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp/article/view/77/33> [Accessed 25 November 2021].
Nurman, R., 2021. PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNINGUNTUK SISWA KELAS IV SD. Jurnal Cerdas Proklamotor, [online] Vol 9 No 1, pp.45-52. Available at: <https://cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp/article/view/78/37> [Accessed 25 November 2021].
sari, s., 2021. PENTINGNYA PEMAHAMAN PERBEDAAN INDIVIDUAL (INDIVIDUAL DIFFERENCES) BAGI CALON GURU SEKOLAH DASAR. Jurnal cerdas proklamator, [online] Vol 8 No 2, pp.54-63. Available at: <https://cerdas.bunghatta.ac.id/index.php/jcp/article/view/59/26> [Accessed 25 November 2021].
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.