MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA MENGGUNAKAN MEDIA POWTOON DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.93Kata Kunci:
Hasil Belajar, Media Powtoon, Bahasa IndonesiaAbstrak
Peningkatan hasil belajar dalam proses pembelajaran merupakan hal yang sangat penting untuk membuktikan ketercapaian dalam proses pembelajaran, untuk meningkatkan hasil belajar kita dapat menggunaan berbagai cara salah satunya dalam meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia dengan menggunakan media powton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan menggunakan Two group posstest only yang merupakan bagian dari penelitian kuantitatif. Penelitian yang menggunakan Two group posstest only ini menyajikan sebuah bentuk penelitian dimana ketika menentukan kelompok kontrol dan kelompok eksperimen dilakukan pemilihan secara acak (Prasetyo&Jannah,2011:117). Hasil dari penelitian ini adalah rata – rata yang diperoleh kelompok eksperimen sudah berada diatas nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 70, dengan rincian 7 orang siswa mendapatkan nilai tertinggi dan 12 orang siswa mendapatkan nilai standar, serta 6 orang siswa memperoleh nilai dibawah KKM. Lain hal untuk kelompok kontrol nilai rata – rata kelas yang diperoleh masih dibawah nilai KKM, dengan rincian 3 orang siswa mendapatkan nilai tertinggi, 4 orang siswa mendapatkan nilai standar, serta 18 orang siswa mendapatkan nilai dibawah KKM. Dari hasil penelitian tersebut dapat simpulkan bahwa keberhasilan penggunaan aplikasi powtoon ini sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran bahasa Indonesia pada materi watak tokoh dalam cerita terlihat dari nilai rata – rata kelas atau kelompok sampel eksperimen berada diatasa rata – rata dari nilai KKM.
Referensi
Astika, R. Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2019). Pengembangan video media pembelajaran matematika dengan bantuan powtoon. Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Pendidikan Matematika (JP3M), 2(2), 85-96.
Edwin Nurdiansyah, Emil El Faisal, Sulkipani. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1 – 8
Evi Deliviana. (2017). Aplikasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran : Manfaat Dan Problematikanya. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Ke 56 Universitas Negeri Makasar
Hastri Rosiyanti, Viarti Eminita, Riski. (2020). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), 77-86
Hidayati Azkiya, Mardiana. (2019). Peningkatan Minat dan Hasil Belajar Tematik Dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas I SDIT Nurul Ikhlas Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, 7(2), 145 – 150
Marta Dwi Pangestu, Achmad Ali Wafa. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter Untuk Siswa Kelas Xi Ips Di Sma Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1), 72 – 79
Maswan., & Muslimin, K. (2017). Teknologi Pendidikan, Penerapan Pembelajaran yang Sistematis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Prasetyo, Bambang & Jannah, Lina Miftahul. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Press
Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono, D. 2018. Developing Powtoon-Based video learning media for five grade students of Elementary School. 165(Iccsr): 173–177
Rosa, F. O. (2015). Analisis Kemampuan Siswa Kelas X pada Ranah Kognitif , Afektif dan Psikomotorik. Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 1(2), 24–28.
Rukeishi & Cahyana. (2015). Metododologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Persada
Sukma, Elfia. (2016). Kompetensi Kognitif Pembelajaran Apresiasi Sastra di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 2(2),1-11
Sundayana,Rostina. (2014).Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication
Untung Slamet Sugiyarto, Yosi Wulandari, & Andi Casworo. (2020). Media Pembelajaran Power Point Interaktif Dalam Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(2), 118 – 123
Yani Wulandari, Yayat Ruhiat, Lukman Nulhakim. Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269-279
Yeni Andrianti, L.R. Retno Susanti, & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual Pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 59-68
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.