KORELASI MINAT DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADAPEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.37301/cerdas.v9i2.99Kata Kunci:
Minat, Hasil Belajar, IPAAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan hasil observasi, fenomena yang peneliti temukan pada salah satu permasalahan dalam pembelajaran IPA, kurangnya minat belajar pada diri peserta didik, hal ini dapat terlihat dari, 1) hasil belajar IPA rendah. 2) catatan peserta didik belum lengkap. 3) main dengan teman sebangku, dan 4) melakukan aktivitas lain serta ada juga yang. 5) asik menggambar pada saat guru menerangkan pembelajaran 6) kurang ada tanya jawab pada saat proses pembelajaran, dan. 8)Tanya jawab baru dilakukan ketika pembelajaran selesai. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah gambaran minat belajar peserta didik, 2) Bagaimanakah gamabaran hasil belajar peserta didik, 3) Apakah terdapat hubungan antara minat belajar terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.. Tujuan 1) Untuk mengetahui gambaran minat belajar peserta didik. 2) Untuk mengetahui mengenai gambaran hasil belajar peserta didik.3) Untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran kelas IV di SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara minat dengan hasil belajar Peserta didik pada mata pelajaran IPA.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, yaitu menghubungkan antara dua variabel dengan menggunakan angka-angka. Minat Belajar variabel (X) dan hasil belajar IPA merupakan variabel (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 03 Tapan Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 40 orang, karena populasi dalam penelitian ini kecil, maka peneliti mengambil semua populasi dijadikan sampel yaitu 40 orang, jadi penelitian ini disebut penelitian populasi.
Hasilpenelitianiniadalah: (1) MinatBelajarpesertadidik di SD Negeri 03 TapanKabupatenPesisirtermasukpadaklasifikasisangattinggi. (2) hasilbelajar IPA kelas IV SD Negeri 03 TapanKabupatenPesisir Selatan termasukklasifikasiTinggi, (3) terdapathubungan yang signifikanantaraminatbelajardenganhasilbelajar IPA kelas IV SD Negeri 03 TapanKabupatenPesisir Selatan padapengujiankorelasi 2 ekor yang manaharga r hitunglebihbesardari r tabel. Kesimpulan 1) gambaranminatbelajarpesertadidiktergolongkepadaklasifikasisangattinggi, 2) gamabaranhasilbelajarpesertadidiktergolongkepadaklasifikasitinggi, dan 3) terdapathubungan yang signifikanantaraminatdenganhasilbelajarpesertadidikpadamatapelajaran IPA kelas IV SD Negeri 03 Tapan. Saran penelitisetelahmelakukanpenelitianini agar kepalasekolah guru dan orang tuadapatmemberikanarahan, bimbingan, perhatian, motivasi, danfasilitasbelajar agar dapatmencapaitujuanpendidikandanmemperolehsertadapatmeningkatkanhasilbelajar yang maksimal.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. 1990. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Akasara
Arinkunto, Suharsim. 2006. Prosedur Penulisan Suatu Pendekatan Praktik Cetakan Ketiga Belas. Jakarta: PT Rineka Cipta
Dalyono. 1997. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV Yrama Widya
Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara
Djmarah, Syaiful bahri. 2011. Psikologi Belajar . jakarta: Rineka cipta
Hamalik, Oemar.2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Mudjiono. Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka cipta
Muslich, Mansnur. 2011. Authentic Assessment Penilain Bebasis Kelas dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama.
Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alpabet Bandung.
Sadirman. 2014. Iteraksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran . Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.
Slameto. 2010. Belajar dan Factor-Faktor & Mempengaruhinya . Jakarta: PT Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2012. Buku Wajib yang akan Meningkatkan Wawasan dan Pengetahuan
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandumg: Alfa Beta
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta, CV, Cetak.XVII
Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfa Beta, CV, Cetak.XVIII
Susanto, Ahmad. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenadamedia Group
Wisudawati, widi asih & Sulistyowati,eka. 2014. Metodologi Pembelajarn IPA . Jakarta: PT Bumi Aksara
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copy right in each article belong to the authors.
1. The author acknowledges that the Journal Cerdas Proklamator as a publisher who publishes for the first time with the
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
2. The Author can enter the writing separately, manage the non exclusive distribution of manuscripts that have been published in this journal into the other versions (eg sent to the repository of the author's institution, publication in book, etc), by acknowledge that the manuscript was first published in the Jurnal Cerdas Proklamator.